TWOH's Engineering

TWOH's Engineering
belajar tutorial android dan java

Friday, February 5, 2010

UploadMan & Mereka yang Berkonspirasi

Kita belum membahas satu lagi kaum di dalam lingkaran konspirasi Downloadman & Copyman, yaitu Uploadman atau sebutan kerennya:

mereka yang mengunggah


Kaum ini terdiri dari orang-orang yang jenius dan kreatif, mereka introvert, spesial, dan cenderung temperamen. Profesi mereka bermacam-macam, ada yang programmer, blogger, desainer grafikker, commenter/argumenter, dan sebagainya. Namun mereka semua tertutupi oleh satu topeng yang sama, UploadMan.

Bagaimana mereka semua bisa disebut UploadMan? Bukan, bukan cuma mereka, kita juga mungkin seorang UploadMan. Yang harus dilakukan hanya satu, mengunggah sesuatu ke internet dan membuat file tersebut bisa diakses orang lain.

Wadah dan wadah! Hanya kata itu yang ada dalam otak mereka, seakan mereka tidak puas lagi dengan wadah dan publikasi yang biasa menampung kreativitas mereka di dunia nyata. Tulisan atau listing program mereka muncul di banyak media cetak seperti, surat kabar, tabloid, dan majalah. Wajah mereka juga tak jarang muncul di acara TV, namun mereka seakan tak puas dengan semua itu selama mereka belum mendapat wadahnya sendiri di JejaringJagatJembar(WorldWideWeb).

Namun ada juga diantara Uploadman yang tidak begitu terkenal, mereka tidak/belum pernah muncul di mana-mana. Mereka hanya bisa mengupload suatu tulisan karyanya ke dalam WWW, inilah yang disebut Blogger atau Social Networker. Terkadang kaum Blogger atau Social Networker berbuat sesuatu yang keji dan masuk ke dalam golongan CopyMan, mereka disebut CopyPasters, mereka kaum yang tidak dihargai karena mencari pengakuan dan validasi dengan memanfaatkan sebuah tulisan karya orang lain.

Kembali ke Uploadman!

Kata shared, sharing, share, hosting, source, post adalah nyawa dan identitas mereka. Apalagi jika ditambah satu kata, yaitu "free". UploadMan merasa kurang kalau belum bisa berbagi dengan yang lain sesuatu yang ada di harddisk mereka.

Unggah program, unggah gambar, unggah opini, unggah file mp3, unggah video, unggah apapun yang merupakan hasil karya mereka atau hasil karya orang lain yang belum pernah dipublikasikan. Berbeda dengan kata Download atau Copy, kata Upload cenderung bermakna mulia. Merekalah sumber, produsen. Dan jika dianalogikan dengan rantai makanan, UploadMan adalah tumbuhan. Uploadman sejati bila yang mereka hasilkan benar benar bersumber dari otak dan akal mereka.

Tapi ada juga UploadMan jahat yang mengunggah sesuatu yang berbahaya, seperti virus. Mereka didukung dengan bot-bot yang berasal dari jutaan komputer, memiliki website memikat yang di baliknya mengintai dengan tenang si virus, menunggu sang DownloadMan datang. Dan di saat CopyMan menancapkan perangkat penyimpanan data ke komputer DownloadMan, karya mereka pun tersebar luas!

Mereka dilawan dengan UploadMan yang baik, sesuatu yang mereka unggah bernama anti-virus. Tapi UploadMan jahat kadang tidak habis akal, mereka mengubah virus tersebut menjadi gambar, video, musik, bahkan menjadi anti-virus itu sendiri.

UploadMan ada di sekitar kita, tergabung ke dalam tatanan kehidupan sosial -nyata maupun maya-, mereka berkedudukan setara dengan DownloadMan tapi tidak dengan CopyMan. Kadang UploadMan, DownloadMan dan CopyMan adalah orang yang sama. Contohnya, saat seseorang mengcopy source code program orang lain, lalu meng-upload program yang telah mereka perbarui ke www, kemudian jika program itu dimodifikasi oleh orang lain, mereka me-download-nya kembali untuk diperbaiki lagi, begitu seterusnya. Semua itu membentuk mata rantai Upload-Download-Copy yang sangat erat dan tidak akan pernah putus. Itulah yang disebut konspirasi tingkat tinggi.

Tutorial Belajar Android