TWOH's Engineering

TWOH's Engineering
belajar tutorial android dan java

Thursday, February 4, 2010

Geografi Itu Penting

Mungkin banyak orang berpendapat bahwa kuliah di jurusan geografi itu susah untuk mencari kerja dan tidak banyak dibutuhkan, tapi lain halnya dengan bapakku yang menyuruhku untuk mengambil jurusan geografi saat mendaftar di universitas.

Sebelum aku berkuliah di jurusanku yang sekarang ini, aku diterima pada program studi Geografi di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia. Namun kesempatan itu tidak aku ambil, karena Jakarta dan Yogyakarta itu kota yang panas. Aku lebih memilih kota yang dingin dan berhawa sejuk. Hehe..

Geografi itu penting untuk dipelajari karena Indonesia terletak pada ring of fire, yaitu suatu kawasan yang dikelilingi oleh banyak gunung berapi . Salah seorang temanku ada juga yang diterima pada jurusan Geografi Universitas Indonesia, dan dia mengambilnya. Padanya aku berkata bahwa nasib Indonesia terletak di tanganmu. Kemudian lulus SMA kami berpisah, dia ke Jakarta, aku ke Bandung.

Tidak lama di Bandung, Indonesia kemudian kembali dilanda gempa bumi, di Padang, Tasikmalaya, dan beberapa kota kecil lainnya. Saat gempa di Tasikmalaya, getarannya terasa sampai Bandung. Saat itu aku baru pulang kuliah dan akan masuk ke dalam kosan, baru mau masuk, entah kenapa orang-orang rumah tempat aku kos malahan pada keluar, dan sesaat kemudian aku baru sadar kalau ada gempa. Tanah mulai bergetar, orang-orang berteriak-teriak menyebut asma Allah.

Aku melihat ke atas, kabel listrik SUTET bergoyang-goyang kesana kemari, air di selokan berombak, dan rumah-rumah seakan mau rubuh. Sekitar 10-15 menit kemudian, akhirnya gempa berhenti. Beberapa bulan kemudian gempa melanda kota Padang dan sekitarnya. Saat itu aku merasa sadar bahwa penting bagi orang Indonesia untuk mempelajari Geografi. Tetapi aku tidak menyesal telah meninggalkan kesempatan untuk belajar geografi, karena jurusanku yang sekarang tidak kalah pentingnya untuk dipelajari, yaitu Computer Science/ Teknik Informatika. Walau begitu, aku masih suka geografi dan menonton Tokyo Magnitude 8.0.

Tutorial Belajar Android